Halaman

Rabu, 11 September 2013

Tragedi Jalan Depan SMAN Banyumas

Kira-kira jam seginian lebih sedikit kemarin pagi....saya berangkat ke Purwokerto, niatnya si mau ngehadirin Rapat Pelantikan dan Sarasehan PMII Purwokerto di Pendopo Wakil Bupati Banyumas *itu tuuuh depan Sri Ratu nyebrang dalan. Masih seperti biasa menaiki Yamaha Jupiter z bernomer polisi R 2190 A, saya melaju standar 60/km *maklum masihh dilingkup komplek*.
kira kira baru sepertiga perjalanan, saya terhenti oleh antreaan kendaraan tepatnya di depan SMAN Banyumas.
"ana apa kiyee, deneng maceet" Gumam saya...nahh,,keistimewaan berkendara motor yaitu bisa nylusup-nylusup meski jalanan macet, dan saya pun melakukan itu sampai diurutan antreaan paling depan...
Owalaaah dalaah...jebuleee.. Asstaghfirulloh..Innalilahi.. Ya Alloh ya Gofur..
Seorang pemuda laki-laki bertubuh kurus, tinggi berkulit hitam sedang terlentang rapi dengan tangan sedakep*persis seperti orang sudah meninggal hih* ada beberpa orang disekelilingnya tapi ironis ga ada yang berani mengangkatnya untk dibawa ke rumah sakit meski ada salah seorang yang bola bali mengecek nadinya dan nafasnya...mereka malah sibuuk memanggil ambulan bertuliskan SIAGA MEDIKA BANYUMAS yang berhentinya terlalu jauh dari korban (Kenapa ga diangkat aja sii ditaruuh ambulan...nugu ambulan mundur kan lama...apalagi posisi jalan macet jadi gregetan juga saya).
Tontonan gratis tersebut ternyata juga menyita beberapa guru dan Siswa SMAN Banyumas(Woyy... kon pada Sekolahh koh malahh).

Tertegun saya,, menunggu Korban di bawa ke Rumah Sakit. teringat kejadian 3 bulan yang lalu.. tepatnya 26 Mei 2013. Kala itu saya sedang siaga dngan gas saya kecepatan standar 80km/jam,, jam tangan menunjukan pukul 07:00 padahal di kampus harus sudah Standby pukul Tujuh lebih dikiiiiit karena saat itu sedang ada event di kampus.
Tepat di tempat itu pula depan SMAN Banyumas Seekor Bus SUMBER ALAM AA-1701-BC berhenti mendadak, dan saya menyadari bus tersebut berhenti itu sudah jarak sekitar berapa meterlah pokoknya udah deket baru liat itu bis berhenti. Sayapun langsung menginjak pedel Rem belakang namun sayaang jarak sudah terlalu dekat dan ambil kanan sudah tidak memugkinkan karena saya sudah diposisi kiri terlalu pendek jika banting kanan dan banting kiri pun juga malah Rawan karena kiri jalan (sebelah barat jalan itu Praktek Dokter Anak yang notabene pasien rame kalo pagi hari, bukan hanya pasien bakul tlembungan, tukang becak juga ikut memenuhi badan jalan) Akhirnya sudah tidak bisa terhindar lagi saya pejamkan mata...BREEEEEEEEEEEEEEEEDDD ... ALLOHUAKBAR..YA ALLLOH...ASSTAGHFIRULLOH JupiterZ R-2190-A menabrak Bus SUMBER ALAM..
sontak masyarakat sekitar langsung menolong..saya yang masih dengan mata tertutup teruus berdzikir pikirku "Ya ALLOH jika saya mati sekarang saya IKHLAS" . Yang namanya kaki itu ..pet pett pet Pegel... ga tau kaya apa bentuk celananya...
Saya hanya mendengar kerumunan orang yang menyuruh untuk dibawa ke rumah sakit lalu seorang laki-laki separuh tua mengangkat saya dan memasukkan ke mobilnya . Beberapa saat kemudian, saya sudah ad di IGD....

Tiba-tiba pengendara motor disamping saya mengelutik saya dan bertanya "mba, mba kenal apa sama orang itu?" saya jawab "egak,  mas ga kenal" orang itu bertanya lag.."Hloo kok mba nangis"
Reflek saya langsung mengusap nya...sambil sedikit tersenyum malu...

Korban sudah dimasukan kedalam Ambulan, dan Ambulan pun membawa Korban ke Rumah  Sakit untuk mendapatkan perawatan.
Lalu arus lalu lintas pun kembali bergerak, tak terkecuali saya juga melanjutkan perjalanan...Ditengah perjalanan saya gumam sendiri menjawab pertanyaan orang samping saya itu...ya saya menangis karena saya pernah diposisi dia...dan Alhamdulillah Tuhan masih menyayangiku sampai aku masih diijinkan diatas Motor seperti sekarang ini.

Singkat Cerita...
Selain Bermahasiswa..Di Sore hari dari jam set 2-set 5 saya juga ikut mengajar matematika SMP Di BIMBEL GLC tepatnya di Jalan Satria sebelah POM BENSIN BANYUMAS 300m dari Gang.
Jam set. 2 saya sudah standby hanya saja murid belum hadir...ya biasa anak-anak..kebalikanya disitu juga udah ada siswa yang dateng tapi tentor yang belum dateng :D... Beberapa menit kemudian si Tentor anak-anak tersebut dateng dan menyampaikan maaf atas keterlambatan sekaligus alasanya.
Nama nya mba Yanuar..."Sorry telat,, tetangga ku ada yang meninggal koh, anu tadi pagi kecelakaan didepan SMA"...
saya pun langsung menyahut"yang tadi pagi kan mba, anak laki-laki, kayaknya tadi belum meninggal"..
"iya emang ga langsung meninggal, koma dulu terus td meninggal" tegas mba Yanuar.
Innalilahiwainnailaihiroji'un..Ya Alloh terimalah segala amal perbuatanya di dunia serta tempatkanlah Ia ditempat mulia disismu . Aamiin.

Sampai saya bercerita seperti ini pun, saya masih FlashBack...
Disitu tempat datar... Jalan Rata tapi kenapa banyak banget yang meninggal disitu... dulu temen saya 2 orang,ibu dengan 2 anaknya, teruss tetangga saya bapak-bapak tapi koma dulu seminggu, terus saya (Alhamdulillah ga sampe meninggal), terakhir ini pemuda ini ... Na'udzubillah..semua sudah Suratan Alloh azawajalla

2 komentar: